Langsung ke konten utama

kumpulan soal produktif pemasaran

                             6054-Paket A-2013/2014 Hak Cipta pada Kemdikbud STK-1/8
                                                               DOKUMEN NEGARA
                                                               UJIAN NASIONAL
                                                               Tahun Pelajaran 2013/2014
                                                               SOAL TEORI KEJURUAN
                                                      Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
                                                      Kompetensi Keahlian : Pemasaran
Kode Soal : 6054
Alokasi Waktu : 120 menit (Pukul 10.30 s.d 12.30)
Tanggal : 16 April 2014
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Jumlah Soal : 40 Soal
Paket Soal : A
Petunjuk Umum:
1. Isikan Identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) yang
tersedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk LJUN.
2. Hitamkan bulatan sesuai dengan Kode Soal dan Paket Soal pada LJUN.
3. Setiap butir soal mempunyai 5 (lima) pilihan jawaban.
4. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab.
5. Hitamkan bulatan pada satu pilihan jawaban yang paling tepat pada LJUN.
6. Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas,
rusak, atau tidak lengkap.
7. Tidak diijinkan menggunakan kalkulator, HP, atau alat bantu hitung lainnya.
8. Bila diperlukan, lembar soal dapat dicoret-coret.
9. Tidak ada pengurangan nilai pada jawaban yang salah.
10. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.
”SELAMAT & SUKSES”
6054-Paket A-2013/2014 Hak Cipta pada Kemdikbud STK-2/8

1. Industri yang bahan bakunya diperoleh langsung dari alam, misalnya hasil pertanian,
hasil kehutanan, dan hasil perikanan, disebut industri ....
A non-ekstraktif
B ekstraktif
C fasilitatif
D sekunder
E primer
2. Penjadwalan membeli bahan untuk industri perlu ditetapkan agar tidak memperlambat
pekerjaan, sesuai dengan rumus 5W + 1H, yaitu ....
A what
B why
C when
D how
E where
3. Salah satu faktor yang mempengaruhi proses komunikasi antara lain the agent. The agent
adalah ….
A individu-individu yang mengambil bagian dalam hubungan komunikasi
B orang-orang yang menerima ide-ide
C alat-alat yang dipergunakan dalam komunikasi
D lambang-lambang yang dinyatakan dengan bahasa
E adegan mengenai apa yang dilakukan
4. Penentuan ide pokok dengan membiarkan pikiran mencari berbagai kemungkinan ide
pokok secara leluasa adalah ....
A petunjuk atasan
B kebiasaan
C thinking
D presenting
E braininstorming
5. Jenis media komunikasi yang memiliki kemampuan berkomunikasi lokal, interlokal,
internasional, serta mempunyai ciri-ciri seperti memiliki layar/display, interkom, dan
radio panggil, speaker dan handset adalah ....
A radio panggil
B hp (handphone)
C radio
D tape recorder
E modem
6. Pedoman kerja dibutuhkan perusahaan pada kondisi antara lain ....
A dasar hukum bila terjadi penyimpangan
B menghindari kegagalan/kesalaha
C memperlancar tugas pegawai
D sebelum pekerjaan dilakukan
E melindungi unit kerja dan pegawai
6054-Paket A-2013/2014 Hak Cipta pada Kemdikbud STK-3/8
7. Peraturan/hukum kerja yang mengatur tenaga kerja, sarana kerja, dan pekerjaannya
adalah ....
A ekonomi
B ergometri
C ergonomi
D geometri
E respirator
8. Unsur-unsur penunjang keamanan yang bersifat non-material yang dilambangkan dengan
gambar tertentu yaitu ….
A rambu-rambu
B sarung tangan
C kacamata
D sepatu
E helm
9. Segala aktivitas yang melibatkan penyediaan barang dan jasa yang diinginkan dan
dibutuhkan orang lain untuk mendapatkan keuntungan disebut ….
A standar perilaku
B perdagangan
C prinsip bisnis
D bisnis
E aspek bisnis
10. Tanggal kedaluwarsa harus dicantumkan pada kotak atau bungkus produk untuk
mencegah terjadinya kecelakaan akibat dari penggunaan atau adanya efek samping. Hal
ini merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan pada ....
A karyawan
B pelanggan
C lingkungan
D kreditor
E masyarakat
11. Pak Mahmud seorang pedagang daging sapi, ia ingin mendapatkan keuntungan yang
banyak dengan cara merendam daging sapi sebelum dijual agar timbangannya lebih
berat. Hal tersebut merupakan perbuatan yang dilarang bagi ....
A konsumen
B penyortir
C distributor
D pelaku usaha
E grosir
12. Barang yang pembeliannya perlu dipertimbangkan, harga relatif mahal, perbandingan
mutu, dan lain-lain, disebut ….
A convenience goods
B shopping goods
C speciallity goods
D consumer goods
E unsought goods
6054-Paket A-2013/2014 Hak Cipta pada Kemdikbud STK-4/8
13. Window display mempunyai beberapa tujuan, adapun salah satu tujuan window display
yaitu ….
A memperkenalkan suatu produk secara cepat dan ekonomis
B
membantu para produsen menyalurkan barang-barang dengan cepat dan
ekonomis
C
menyatakan kualitas yang baik atau harga yang murah sebagai ciri khas dari
toko tersebut
D membantu mengkoordinasikan advertising dan merchandising
E membangun hubungan baik dengan masyarakat
14. Memajangkan barang-barang, gambar-gambar, kartu-kartu harga dan poster-poster di
dalam toko disebut ….
A open display
B closed display
C exterior display
D interior display
E window display
15. Kapan negosiasi diadakan, kapan pengajuan bernego disampaikan, kapan harus
menyelesaikan negosiasi dengan tuntas, kapan mengadakan negosiasi secara intern dan
sebagainya, dilihat dari rumus 5W + 1H adalah ....
A what
B who
C why
D where
E when
16. Penataan yang dilaksanakan dengan cara whole saler yang terdiri atas simbol-simbol dan
petunjuk-petunjuk tentang penggunaan produk. Hal ini dinamakan penataan secara ….
A store design dan decoration
B exterior display
C dealer display
D window display
E interior display
17. Memberikan pilihan barang yang lain, memberikan pilihan cara pembayaran,
memberikan pilihan cara penyerahan barang, termasuk ciri taktik negosiasi ....
A kalah untuk menang
B penawaran serius
C pilihan “ya” atau “tidak”
D lelang
E memberi pilihan
18. Pendekatan negosiasi yang ditujukan pada kemenangan kedua belah pihak, meminta
tanpa menekan, dan memberi tanpa desakan adalah strategi negosiasi .....
A win-lose strategy
B lose-lose strategy
C win-win solution
D eksplorasi strategy
E problem solving strategy
6054-Paket A-2013/2014 Hak Cipta pada Kemdikbud STK-5/8
19. Pesan nonverbal yang berfungsi menggantikan pesan verbal disebut ....
A repetisi
B kontrakdisi
C komplemen
D substitusi
E aksentuasi
20. Surat berharga yang dapat digunakan oleh nasabah bank untuk menarik sejumlah
rekening pada bank adalah….
A bilyet giro
B kwitansi
C cek
D saham
E nota debit
21. Dibeli peralatan senilai Rp 10.000.000 tunai maka jurnalnya adalah….
A
Kas Rp. 10.000.000,00
Peralatan Rp. 10.000.000,00
B
Peralatan Rp. 10.000.000,00
Utang Rp. 10.000.000,00
C
Kas Rp. 10.000.000,00
Piutang Rp. 10.000.000,00
D
Peralatan Rp 10.000.000,00
Kas Rp 10.000.000,00
E
Perlengkapan Rp 10.000.000,00
Utang Rp 10.000.000,00
22. Perusahaan memberikan harga khusus untuk jangka waktu tertentu, seperti hari ulang
tahun perusahaan, hari-hari besar keagamaan dan lain-lain. Hal ini merupakan ....
A harga customary
B kebijakan satu harga
C harga psikologis
D harga promosional
E harga multiple unit
23. Dalam perjanjian jual beli diantaranya memuat hal-hal yang berikut, kecuali....
A subyek perjanjian jual beli
B media iklan yang akan digunakan
C pemilihan tempat penyelesaian perselisihan
D penentuan masa berlakunya perjanjian
E tanggal dan tempat dilakukan perjanjian
24. Pada tanggal 23 Desember 2011, Tuan Afandi membeli barang dagangan kepada UD
Satria Jaya seharga Rp 2.600.000,00 dengan syarat 3/10, n/30. Pelunasan yang dibayar
oleh Tuan Afandi sebesar Rp 2.522.000,00 jika dilakukan paling lambat tanggal ....
A 1 Januari 2011
B 2 Januari 2011
C 3 Januari 2011
D 22 Januari 2011
E 23 Januari 2011
6054-Paket A-2013/2014 Hak Cipta pada Kemdikbud STK-6/8
25. Pada tanggal 25 Januari 2012, Toko Makmur Jaya membeli beras jenis IR 64 kepada
Tani Maju sebanyak 2 ton, dengan ketentuan sebagai berikut: harga Rp 790.000,00/1
kw, tara 1,5 %, refaksi 1 % dan syarat pembayaran 2/5, n/15. Toko Makmur Jaya
melunasi hutangnya tanggal 31 Januari 2012 sehingga yang harus dibayarkan sebesar ….
A Rp 15.563.000,00
B Rp 15.484.000,00
C Rp 15.407.000,00
D Rp 15.251.740,00
E Rp 15.099.223,00
26. Dalam perusahaan perseroan terbatas modal berupa saham, laba yang diperoleh tidak
menambah langsung kepada modal saham tetapi dicatat tersendiri dalam akun ….
A laba yang dibagi
B laba bersih
C laba ditahan
D rugi ditahan
E rugi bersih
27. Seorang konsumen membeli 2 pcs sabun mandi (kelp. Dep. 2) harga @Rp 1.300,- dan
dibayar tunai. Apabila transaksi tersebut dicatat dengan Cash Register secara open
departemen, maka caranya adalah ….
A ketik 2 X 1300, tekan Dep 2, lalu tekan TL/NS
B ketik 1300, tekan Dep 2 lalu tekan TL/NS
C ketik 2600, tekan Dep 2 lalu tekan TL/NS
D tekan Dep 2, ketik 2600 lalu tekan TL/NS
E tekan Dep 2, ketik 2 X 1300, lalu tekan TL/NS
28. Kunci MA pada Cash Register berfungsi untuk ....
A Off, PGM dan Reg
B Off, OP X/Z dan Reg
C PGM, Off, OP X/Z, Reg dan X1/Z1
D PGM, Void, Off , OP X/Z, Reg, X1/Z1, X2/Z2
E PGM, Void, Off, OP X/Z, Reg dan X1/Z1
29. Tombol ini pada timbangan elektronik DIGI SM – 100, berfungsi untuk ….
A mencetak label
B mencetak receipt
C mencetak percobaan setelah memasang kertas baru
D mencetak total harga barang
E memajukan kertas
30. Seseorang berbelanja hanya untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan dirinya sendiri
disebut ….
A pelanggan individu
B pelanggan organisasi
C pelanggan instansi
D pelanggan family
E pelanggankelompok
6054-Paket A-2013/2014 Hak Cipta pada Kemdikbud STK-7/8
31. Berbagai sarana dan fasilitas yang menunjang kemudahan dan kenyamanan dalam
berbelanja, misalnya tata letak ruang dan penataan barang dagangan,
merupakankebutuhan ….
A fisik
B praktis
C psikis
D emosional
E jasman
32. Melayani pelanggan berdasarkan penampilan serasi meliputi ....
A berhias dan ekspresi wajah
B berhias,berbusana dan ekspresi wajah
C berbusana dan ekspresi wajah
D tutur bahasa yang simpatik, berhias,
E ekspresi wajah yang komunikatif
33. Sifat positif yang harus dimiliki oleh penjual dalam memberikan pelayanan prima adalah
….
A bijaksana, rendah diri, tekun
B bekerja keras, rajin, arogan
C pesimis, rendah hati, jujur
D jujur, bijaksana, rendah hati
E arogan, pekerja keras, tinggi hati
34. Pemberian pelayanan yang baik berdasarkan konsep A3 adalah ....
A attitude – attention – action
B attention – action - akuntability
C action – attitude - afective
D akuntability – action – attitude
E affective – akuntability - action
35. Saluran ini sangat membatasi perantara produk demi menjaga kualitas produk dan
menjaga harga produk agar tetap tinggi. Biasanya ada perjanjian antara produsen dengan
perantara utama sebagai pemegang lisensi. Hal ini termasuk distribusi ....
A selektif
B ekslusif
C intensif
D objektif
E subjektif
6054-Paket A-2013/2014 Hak Cipta pada Kemdikbud STK-8/8
36. Perhatikan tabel berikut:
Nama
Produk
Jabar Jateng Jatim Bali Riau
Barang A 500 Unit 400 Unit 600 Unit 450 Unit 350 Unit
Barang B 450 Unit 450 Unit 500 Unit 400 Unit 300 Unit
Barang C 400 Unit 500 Unit 450Unit 350 Unit 400 Unit
Dari tabel di atas, pasar yang paling tidak potensial untuk memasarkan barang A adalah
....
A Jabar
B Jateng
C Jatim
D Bali
E Riau
37. Segmentasi yang dikenal dengan multivariate demographic segmentation adalah
segmentasi ....
A konsentrasi
B gabungan
C geografi
D demografis
E psikografis
38. Kegiatan promosi tidak hanya ditujukan kepada konsumen saja, tetapi juga kepada
perantara, contohnya adalah ....
A pemasaran langsung
B pelayanan penjualan
C publisitas barang
D penjualan personal
E promosi penjualan
39. Kapasitas maksimal suatu perusahaan adalah 100.000 unit per tahun. Pada tahun 2012
perusahaan merencanakan untuk memproduksi sebanyak 75.000 unit. Biaya tetap Rp
30.000.000 dan biaya variable Rp 2000 per unit maka total biaya ….
A Rp 180.000.000
B Rp 450.000.000
C Rp 45.000.000
D Rp 18.000.000
E Rp 60.000.000
40. Aturan pertanggungan beasiswa bertahap untuk anak SLTP umur 12 tahun adalah ….
A 75 %
B 40 %
C 25 %
D 20 %
E 15 %



Administrasi transaksi   
 1. Di bawah ini termasuk ke dalam lima unsur penting perusahaan, kecuali . . .
a.Organisasi
b.Produksi
c.Uang
d.Kebutuhan konsumen
Jawab: (c)
 2. Yang termasuk ke dalam badan usaha adalah . . .
a.Toko
b.Instansi
c.Firma
d.Pabrik
Jawab: (c)     
 3.Di bawah ini termasuk keburukan dari Persekutuan Komanditer adalah . . .
a.Pendirian mudah
b.Jumlah sumber dana yang ada besar
c.Manajemen baik karena bisa diversifikasi
d.Kelangsungan hidup tidak menentu
Jawab: (d)      
 4.Yang termasuk Perusahaan Jawatan adalah . . .
a.PLN
b.PAM
c.Perumtel
d.PJKA
Jawab: (d)    
 5. Yang termasuk bentuk koperasi yang dapat dilihat dari luas daerahnya adalah . . .
a.Koperasi Primer
b.Koperasi Produksi
c.Koperasi Kredit
d.Koperasi Konsumsi
Jawab: (a)
 6.Seni merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditatapkan. Pengertian dari . . .
a.Manajemen
b.Manajer
c.Personalia
d.Organisasi
Jawab: (a)
 7. Di bawah ini yang termasuk fungsi manajemen, kecuali . . .
a.Planning
b.Money
c.Directing
d.Controlling
Jawab: (b)     
 8. Organisasi adalah suatu proses tersusun yang orang-orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan. Definisi ini menurut . . .
a.Oei Liang Lee
b.Boone dan Katz
c.Basu Swastha
d.Flippo
Jawab: (b)    
 9. Bentuk struktur organisasi dibagi menjadi 6 golongan, ciri-ciri dari Organisasi Fungsional adalah . . .
a.Sarana dan alatnya terbatas
b.Organisasi kecil
c.Karyawan besar
d.Organisasi besar
Jawab: (b)     
 10. Nama lain dari Organisasi manajemen proyek adalah . . .
a.Organisasi Matrik
b.Organisasi Komite
c.Organisasi Lini
d.Organisasi Fungsional
Jawab: (a)
 11. Nama lain dari manajemen sumberdaya manusia adalah . . .
a.Manajemen personalia
b.Manajemen pemasaran
c.Manajemen produksi
d.Manajemen pembelanjaan
Jawab: (a)     
 12. Di bawah ini yang termasuk fungsi operasional dari manajemen personalia, kecuali:
a.Fungsi pengadaan
b.Fungsi pengembangan
c.Fungsi pengarahan
d.Fungsi integrasi
Jawab: (c)     
 13.Di bawah ini yang termasuk fungsi manajerial dari manajemen personalia adalah . . .
a.Kompensasi
b.Perencanaan
c.Pengembangan
d.Pemeliharaan
Jawab: (b)
 14. Orang yang bekerja di bawah perintah orang lain dan orang tersebut menerima upah sebagai imbalan atas pekerjaan yang mereka lakukan. Pengertian dari . . .
a.Majikan
b.Pengusaha
c.Karyawan
d.Buruh
Jawab: (d)     
 15. Di bawah ini bentuk perjanjian kerja sama kecuali . . .
a.Closed Shop agreement
b.Umum Shop Agreement
c.Open Shop Agreement
d.Boikot Shop Agreement
Jawab: (d)
 16.Kemampuan perusahaan dalam memperoleh pendapatan dari sejumlah modal yang dipergunakan disebut . . .
a.Rentabilitas
b.Rehabilitas
c.Efisiensi
d.Efisien
Jawab: (a)     
 17. Yang termasuk dalam pengunaan dana dalam jangka pendek kecuali . . .
a.Kas
b.Peralatan
c.Piutang
d.Persediaan
Jawab: (b)
 18. Pengertian lama pembelanjaan adalah . . .
a.Menyediakan barang
b.Menyediakan dana
c.Menyediakan uang
d.Menyediakan peralatan
Jawab: (b)
 19. Pada dasarnya pengunaan dana digolongkan menjadi 2 di antaranya . . .
a.Aktiva tetap
b.Aktiva lancar
c.Jangka pendek
d.Jangka waktu
Jawab: (c)
 20.Tujuan pembelanjaan perusahaan kecuali . . .
a.Mendapatkan atau menaikan tambahan dana perusahaan
b.Menggunakan dana secara efisien
c.Mendistribusikan laba perusahaan kepada yang berhak
d.Menggunakan dana secara berlebihan
Jawab: (d)




          Komunikasi bisnis

1.Proses komunikasi dimulai pada saat :
A. Pengirim mempunyai pesan yang ingin dituangkan ke dalam suatu ide
B. Pengirim memilih media komunikasi yang paling efisien untuk menyampaikan pesan
C. Pengirim mempunyai ide yang ingin disampaikan
D. Pengirim menerjemahkan pesan menjadi ide yang dapat dipahaminya
E. Pengirim mengirimkan pesan yang telah disusun kedalam suatu informasi yang logis

2. Salah satu bentuk komunikasi informal yang dilakukan dengan pihak eksternal organisasi adalah :
A. Company profile
B. Proposal penawaran bisnis
C. Surat order pembelian
D. Makan siang dengan klien perusahaan
E. Chatting dengan rekan sekantor

3. Strategi berkomunikasi yang efektif, antara lain :
A. Mengatur chain of command organisasi
B. Mengadakan analisa pekerjaan
C. Melakukan komunikasi formal dan informal
D. Memberikan feedback yang konstruktif
E. Mengantisipasi problem organisasi

4. Mengirimkan laporan keuangan harian kepada atasan di kantor adalah merupakan bentuk komunikasi :
A. Informal
B. Formal
C. Non verbal
D. Efisien
E. Efektif

5. Pernyataan berikut merupakan fungsi utama dari komunikasi bisnis, kecuali :
A. Ekspresi perasaan dan emosi
B. Mengatur tindakan pihak lain
C. Memberikan informasi bagi pihak lain
D. Mendikte pihak lain
E. Memotivasi pihak lain

6. Proses komunikasi dikatakan efektif apabila :
A. Pesan dikirimkan oleh pengirim dengan menggunakan media lisan dan non verbal
B. Mempercepat komunikasi formal perusahaan
C. Pihak lain mengerti dengan jelas pesan yang dimaksud dan merespon sesuai dengan yang diharapkan
D. Menyatakan suatu kesan positif agar penerima pesan memahami ide yang diutarakan
E. Ide dapat dirubah menjadi sebuah konsep

7. Apabila PT. Lapindo Brantas, bermaksud memberikan keterangan publik sehubungan dengan pembagian kompensasi kepada korban bencana lumpur panas di daerah Porong, Sidoarjo, maka adalah sasaran utama komunikasi adalah dari organisasi kepada :
A. Yayasan
B. Pemerintah
C. Lembaga
D. Institusi
E. Kelompok

8. Decoding dalam proses komunikasi terjadi pada saat :
A. Penerima menerjemahkan pesan menjadi suatu makna yang dapat dipahaminya
B. Pengirim menerjemahkan ide menjadi pesan yang dapat dipahami pihak lain
C. Menyalurkan pesan melalui pilihan saluran komunikasi yang ada
D. Penerima mengirimkan feedback kepada pengirim pesan
E. Pengirim menyusun suatu pesan menjadi informasi yang berguna

9. Hambatan dalam proses komunikasi bisnis dapat berupa hal sebagai berikut, kecuali :
A. Kelebihan informasi
B. Jenis pekerjaan
C. Perbedaan bahasa
D. Perbedaan persepsi
E. Taktik deceptive

10. Berikut adalah pihak yang dapat dikategorikan sebagai pengirim dan penerima pesan :
A. Individu
B. Tim
C. Organisasi
D. Jawaban a dan b yang benar
E. Jawaban a, b dan c yang benar



TOPIK 2 : KOMUNIKASI KELOMPOK, MENDENGAR EFEKTIF DAN BAHASA NON VERBAL

11. Pernyataan berikut adalah merupakan alasan mengapa bentuk komunikasi non verbal lebih dapat diandalkan dibandingkan dengan komunikasi verbal :
A. Komunikasi verbal tidak terstruktur
B. Komunikasi verbal tidak dapat memberikan feedback langsung
C. Komunikasi non verbal menggambarkan kondisi emosi si pengirim pesan
D. Komunikasi non verbal tidak berbeda antar budaya
E. Komunikasi non verbal dapat meningkatkan kecakapan mendengar

12. Contoh komunikasi non verbal adalah sebagai berikut, kecuali :
A. Menggunakan warna terang
B. Pengaturan tempat duduk
C. Menjabat tangan dengan erat
D. Mengirimkan e mail
E. Merendahkan intonasi suara

13. Salah satu upaya untuk melakukan komunikasi non verbal yang efektif antara lain :
A. Memperhatikan penggunaan waktu
B. Lebih banyak menggunakan komunikasi non verbal
C. Memperhatikan dan menganalisa bahasa tubuh lawan bicara secermat mungkin
D. Menggunakan trik tertentu untuk mencairkan suasana yang kaku
E. Menggunakan bahasa asing sesering mungkin

14. Salah satu kelemahan dari kerja kelompok adalah biaya, yaitu merupakan suatu kondisi dimana :
A. Salah satu anggota kelompok tidak memberikan kontribusi biaya bagi kinerja kelompok
B. Banyak waktu dan biaya yang terbuang hanya untuk mengkoordinasi kerjasama antar angggota kelompok
C. Adanya motif tersembunyi dari salah satu anggota kelompok untuk memenuhi kebutuhan pribadinya
D. Adanya perbedaan tujuan pribadi antar anggota kelompok sehingga mengakibatkan pemborosan biaya
E. Semua jawaban salah

15. Berikut adalah contoh kasus ; gaya mendengar dengan berempati. Nina merangkul bahu sahabatnya yang sedang menangis, hal ini dilakukan oleh Nina untuk mengungkapkan bahwa ia sedang berusaha untuk :
A. Menenangkan hati sahabatnya
B. Menunjukan bahwa ia peduli
C. Menerima segala keluh kesah
D. Menguatkan hati sahabatnya
E. Semua jawaban diatas benar

16. Alasan perusahaan memilih kerjasama kelompok dibandingkan dengan kerja individu karena perusahaan memperoleh manfaat sebagai berikut, kecuali :
A. Meningkatkan distribusi informasi
B. Mempermudah penerimaan solusi
C. Biaya kerjasama kelompok lebih murah
D. Meningkatkan kinerja karyawan
E. Mempercepat transfer pengetahuan

17. Anggota kelompok yang menjalankan peran sebagai self oriented roles, memiliki karakteristik perilaku :
A. Mendominasi kelompok dan mencari perhatian
B. Melakukan kompromi dan mencari perhatian
C. Inisiatif dan koordinatif
D. Menarik diri dan partisipatif
E. Kompromi dan menjaga harmoni kelompok

18. Dalam suatu tahap evolusi kelompok, para anggota kelompok mulai mempertentangkan nilai–nilai pribadi yang dimilikinya berbanding dengan anggota lain, yaitu tahap :
A. Brainstorming
B. Emergence
C. Orientasi
D. Konflik
E. Mengatasi konflik

19. Dalam proses listening terdapat tahap ; menerima, interpretasi, menyimpan dalam memori dan evaluasi. Tahapan tersebut dalam proses komunikasi merupakan tahapan :
A. Encoding oleh pengirim
B. Encoding oleh penerima
C. Decoding oleh pengirim
D. Decoding oleh penerima
E. Semua jawaban salah

20. Individu dapat memilih gaya mendengar berikut untuk dapat memaksimalkan kemampuan berkomunikasi :
A. Kritis
B. Empati
C. Isi
D. Jawaban a dan b yang benar
E. Jawaban a, b dan c yang benar

     negoisasi
  1.Bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk mencapai kesepakatan di antara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda adalah...
 a.Eksposis
 i b.Negosiasi            
c.Anekdot         
 d.Teks Prosedur Kompleks
 e.bacaan
   2.Keterampilan dasar dalam bernegosiasi adalah...
a.Ketajaman/kelihaian 
b.Kaku
 c.tidak sabar
 d.kurang sosialisasi
e.tidak fokus
  3.Yang tidak termasuk keterampilan dasar dalam bernegosiasi adalah...
a.Konsentras
 b.Sabar
 c.Ketajaman fikiran

 d.Kemalasan
 e.Kelihaian
   4.Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam bernegosiasi adalah...
a.Tidak memahami persoalan yang akan di negosiasikan
b.Menyampaikan penjalasan dengan kalimat yang tidak sopan
c. Sikap menjatuhkan pendapat orang lain
d.Tidak mempunyai kemampuan bersosialisasi

e.Mengungkapkan gagasan atau pendapat yang rasional
  5.Kata lain dari negosiasi adalah...
a.Kericuhan
 b.Kerja sama
 c.Proses tawar-menawar 
d.Ketekunan
e.Kemalasan
  6.Yang tidak termasuk ciri negosiasi dilihat dari segi isi...
a.Negosiasi menghasilkan kesepakatan

b.Negosiasi menunjukkan kemalasan
c.Negosiasi mengarah kepada tujuan praktis
d.Negosiasi memprioritaskan kepentingan bersama
e.Negosiasi menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan
  7.Yang tidak termasuk kriteria negosiasi..
a.Ada pihak-pihak yang terlibat
b.Ada proses tawar-menawar
c.Ada tujuan yang hendak dicapai setiap pihak

d.Ada keegoisan diri
e.Ada harapan yang mencapai kesepakatan
  8.Negosiator lebih mengutamakan kemampuan bicaranya ini lebih bersifat...

a.Diam
 b.Praktek
 c.Organis
d.Egois
 e.Ketekunan
  9.Yang bukan struktur teks negosiasi yaitu...
a.Orientasi
b.Permintaan
c.Penawaran
d.Persetujuan 
e.Tuturan
  10.Menggunakan bahasa persuasif, maksud dari persuasif adalah...
a.Menggunakan bahasa yang santun
b.Menggunakan bahasa yang kotor
c.Menggunakan kata-kata kasar
d.Menggunakan kata-kata yang tidak sopan
e.Menggunakan bahasa yang rumit
  11. Selamat siang,saya ingin membeli..
a.orientasi
b.penawaran
c.persetujuan
d.penutup
e.permintaan
  12. Yang bukan struktur negosiasi adalah
a.orientasi
b.penawaran
c.tujuan
d.persetujuan
e.permintaan
  13. Pemenuhan dilakukan setelah
a.pembelian
b.permintaan
c.pernawaran
d.penutup
e.persetujuan
  14. Persetujuan dilakukan setelah
a.permintaan
b. pembelian
c.pembukaan
d.penutup
e.penawaran
  15. Proses tawar menawarantara penjual dan pembeli disebut
a.prosedur
b.eksposisi
c.negosiasi
d.anekdot
e.prosedurkompleks
  16. Dalam bernegosiasi kita tidak boleh
a.memaksa
b.sopan
c.santun
d.tidak memaksa
e.jujur
  17.Fungsi bernegosiasi adalah
a.bersilaturahmi
b.berdialog
c.membuat masalah
d.memecahkan masalah
e.mencapai tujuan
  18. Mengurangi perbedaan posisi setiap hak merupakan bagian
a.penutupan
b.pembukaan
c.tujuan
d.fungsi
e.pembelian                                                                                                                                                                     19. Contoh sederhana dalam bernegosiasi dalam kehidupan sehari-hari
a.debat politik
b.meminta
c.memohon
d.persetujuan
e.meminta jajan kepada orang tua
20. Struktur terakhir dalam negosiasi
a.persetujuan
b.penerimaan
c.penutupan
d.pembelian
e.penawaran
 



1.ruang lingkup kegiatan administrasi adalah.....
a.       Perencanaan,pengorganisasian,pelaksanaan,dan pengendalian
b.      Tulis-menulis dan pengarsipan berkas
c.        Menghimpun,mencatat,mengolah,menggandakan,mengirim,dan menaruh
d.      Memeriksa,memperbaiki,dan mengedit kertas
e.       Penggolongan,pemisahan,dan pengiriman berkas
2.membukukan berbagai transaksi atau berbagai keterangan,merupakan ruang lingkup admisnistrasi berupa.......
a.       Mengolah
b.      Menggandakan
c.       Menaruh
d.      Mencatat
e.       Mengirim
3.menyimpan di suatu tempat tertentu dengan  maksud agar mudah untuk ditemukan kembali,merupakan ruang lingkup administrasi berupa....
a.       Mengolah
b.      Menggandakan
c.       Menaruh
d.      Mencatat
e.       Mengirim
4.bukti transaksi yang dibuat oleh penjual kepada pembeli karena retur barang adalah.....
a.       Faktur
b.      Kuitansi
c.       Nota kredit
d.      Nota debet
e.       Bilyet giro
5.persetujuan saling mengikat antara penjual sebagai pihak yang menyerahkan barang, dan pembeli sebagai pihak yang membayar harga barang yang dijual disebut.......
a.       Jual beli
b.      Transaksi
c.       Peristiwa ekonomi
d.      Pembelian
e.       Penjualan
6.aktivitas yang memengaruhi posisi keuangan perusahaan,sehingga setiap buktinya harus dicatat secara rapi dan teratur,serta disimpan pada file khusus,disebut........
a.       Administrasi
b.      Jual beli
c.       Transaksi eksternal
d.       Transaksi usaha
e.       Transaksi internal
7.salah satu kewajiban pembeli adalah.......
a.       Membayar harga pembelian barang sesuai dengan harga yang telah disepakati
b.      Menyerahkan barang yang dijual dalam jumlah dan saat yang ditentukan
c.       Memberikan informasi yang benar mengenai kondisi produknya
d.      Melayani konsumen secara adil
e.       Menjamin mutu produksinya
8.transaksi yang hanya melibatkan bagian-bagian yang ada dalam perusahaan,merupakan jenis transaksi......
a.       Eksternal
b.      Internal
c.       Pembelian
d.      Kredit
e.       Konsinyasi
9.manfaat adanya administrasi transaksi yang baik adalah.......
a.       Memudahkan dalam pemberian layanan purnajual kepada konsumen
b.      Memperbesar risiko kehilangan barang
c.       Menyulitkan perusahaan menghubungi pihak-pihak terkait
d.      Menghalangi pemilik perusahaan dalam mengikuti perkembangan perusahaan
e.       Menambah beban kerja para karyawan
10.salah satu fungsi SOP dalam perusahaan adalah.....
a.       Sebagai sarana promosi perusahaan
b.      Menghindari kegagalan\kesalahan
c.       Untuk mengetahui laba rugi perusahaan
d.      Sebagai bukti transaksi
e.       Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatan yang ada
11.salah satu bukti transaksi internal adalah....
a.       Faktur
b.      Cek
c.       Faktur
d.      Nota debet
e.       Memo
12.daftar perincian perhitungan penjualan barang secara kredit yang dibuat oleh pihak penjual dan disampaikan kepada pihak pembeli disebut....
a.       Faktur
b.      Kuintasi
c.       Nota kredit
d.      Nota debet
e.       Bilyet giro
13.unsur utama dalam kegiatan perusahaan seperti penjualan,pembelian,pengawasan,dan promosi merupakan sebagian dari unsur.....
a.       Manusia
b.      Material
c.       Cara
d.      Adminitrasi
e.       Transaksi
14.barang yang dibeli perusahaan dapat dibayar setelah barang tersebut berhasil dijual kembali kepada pihak lain oleh perusahaan,merupakan sistem transaksi....
a.       Pembelian
b.      Internal
c.       Eksternal
d.      Konsinyasi
e.       Kredit
15.surat perintah kepada bank untuk membayarkan sejumlah uang yang tertulis dalam suatu lembaran tersebut kepada pembawa atau orang yang namanya tertera dalam lembaran tersebut adalah.....
a.       Cek
b.      Faktur
c.       Kuitansi
d.      Rekening koran
e.       Bilyet giro
16.laporan yang diberikan bank setiap bulan kepada para nasabahnya,yang berisikan informasi tentang laporan mutasi kas setiap bulan kepada nasabah giro disebut....
a.       Cek
b.      Faktur
c.       Kuitansi
d.      Rekening koran
e.       Bilyet giro
17.kegiatan untuk memperoleh produk(barang atau jasa) dengan cara memberikan balas jasa berupa sejumlah uang yang nilainya sama dengan barang atau jasa yang diperolehnya,disebut transaksi......
a.       Internal
b.      Eksternal
c.       Pembelian
d.      Penjualan kredit
e.       Penjualan tunai
18.perjanjian tertulis yang disepakati oleh kedua belah pihak dan diketahui oleh pejabat yang berwenang atau ditunjuk oleh pemerintah,merupakan perjanjian.....
a.       Sah
b.      Penjualan
c.       Jual beli
d.      Kerjasama
e.       Autentik
19.perjanjian jual beli lahir\sah dan mengikat para pihak saat tercapainya kesepakatan antara pembeli dan penjual,perjanjian ini sesuai dengan asas....
a.       Demokrasi
b.      Kesesuaian
c.       Konsesualisme
d.      Monopoli
e.       Dualisme
20.kesepakatan transaksi dalam suatu perdagangan dapat dilakukan secara lisan,atau dibuat secara khusus dan tertulis apabila.....
a.       Penjualan dilakukan secara tunai
b.      Penjualan dilakukan secara beli sewa
c.       Pengiriman barang dilakukan sekali
d.      Tidak ada garansi
e.       Barang bersifat umum
21.dalam alur transaksi,memutuskan baranng yang akan dibeli dapat ditentukan dengan tiga cara yaitu.....
a.       Menghubungi pemasok,memilih barang,dan intuitif
b.      Survei pelanggan,survei pemasok,dan survei barang
c.       Penelitian pasar,penelitian barang,dan penelitian jasa
d.      Memutuskan pemasok,menerima penawaran,dan membuat daftar barang
e.       Intuitif,survei pasar,dan perhitungan stok barang
22.syarat pembuatan surat perjanjian jual beli adalah.....
a.       Isi saling disepakati pihak yang terkait
b.      Isi menekan slah satu pihak
c.       Wajib menggunakan bahasa Inggris
d.      Tidak memiliki bentuk aturan tertentu
e.       Ada saksi
23.bukti atas pembelian sejumlah barang secara tunai adalah....
a.       Bukti kas masuk
b.      Surat kesepakatan
c.       Nota kredit
d.      Nota debet
e.       Nota kontan
Untuk pertanyaan no.24 s.d. 26 perhatikan format surat pesanan penjualan (sales order) atau pengantar barang berikut.

.............(A)................
..................................
                                                                 SALES ORDER
.............(B)................                                                                                  ...............(D)...............
..................................                                                                                  ...................................
...........
.....(E).....
         ........(F).........

        ........(G)........
          .......(H).........






     ........(K).......

     ........(L).......

     ........(M)......

     ........(N)........



(I).......................................
(I).......................................

                               ...............(O)...................
                                ........................................
24.Poin A dan D berisi......
a.       Diskon dan PPN
b.      Nomor sales order dan nomor PO
c.       Total harga dalam huruf
d.      Nama dan alamat penjual,serta nama dan alamat pembeli
e.       Tanda tangan penjual
25. total harga yang harus dibayar pembeli ditunjukkan pada poin.....
a.       H
b.      K
c.       L
d.      M
e.       N
26.Keterangan mengenai nomor sales order dan PO ditunjukkan pada poin......
a.       B dan C
b.      I dan J
c.       K dan L
d.      M dan N
e.       G dan H
27.keterangan mengenai nomor sales order dan PO ditunjukkan pada poin......
a.       Humas
b.      Juru bicara
c.       Sekretaris
d.      Tenaga penjual
e.       Resepsionis
28.salah satu berkas yang harus dipenuhi dalam mengajukan aplikasi kredit adalah.....
a.       Fotokopi ijazah
b.      Fotokopi KTP
c.       Fotokopi tabungan
d.      Surat keterangan RT/RW
e.       Surat keterangan dari perusahaan
Untuk pertanyaan no.29 s.d.31 perhatikan format kuitansi berikut.
No. ........
Telah terima dari
...........................
Untuk pembayaran
...............................
Uang sejumlah
Rp..........................




                   No......................................                       
                  
                                               



29.telah terima dari diisi dengan.......
a.       Nomor urut kuitansi yang dikeluarkan penjual
b.      Pihak penjual yang menerima pembayaran
c.       Tujuan pembayaran uang tersebut
d.      Nama pihak pembeli yang melakukan pembayaran
e.       Tanggal dilakukannya pembayaran
30.untuk pembayaran diisi dengan......
a.       Nomor urut kuitansi yang dikeluarkan penjual
b.      Pihak penjual yang menerima pembayaran
c.       Tujuan pembayaran uang tersebut
d.      Nama pembeli yang melakukan pembayaran
e.       Tanggal dilakukannya pembayaran
31.jumlah uang pembayaran ditulisdengan angka pada kolom.........
a.       Nomor
b.      Untuk pembayaran
c.       Telah terima dari
d.      Uang sejumlah
e.       Jumlah Rp
32.cek terdiri atas dua jenis,yaitu.......
a.       Cek tunai dan cek kontan
b.      Cek atas nama dan cek atas tunjuk
c.       Cek balik nama dan cek giro
d.      Cek debet dan cek kredit
e.       Cek deposito dan cek giro
33.cek dan bilyet giro hanya berlaku selama...hari setelah tanggal penerbitan
a.       50
b.      60
c.       70
d.      80
e.       100
34.saldo simpanan perusahaan yang bersangkutan dan setoran-setoran perusahaan merupakan informasi                                                                                                         
     Yang termuat pada.....
a.       Cek
b.      Faktur
c.       Kuitansi
d.      Rekening koran
e.       Bilyet giro
35.perlindungan terhadap konsumen diatur dalam.....
a.       UU No.8 Tahun 1999
b.      UU No.40 tahun 1995
c.       UU No.1 tahun 1970
d.      Perdana nomor 1 tahun2006
e.       Keppres No.80 tahun 2003
36.kode etik APLI berisi bagian-bagian yang mengatur tentang.......
a.       Proses pembuatan suatu produk
b.      Penyusunan laporan keuangan perusahaan
c.       Perlindungan konsume,perusahaan,dan penjual langsung
d.      Jenis-jenis perusahaan
e.       Kegiatan promosi perusahaan
37.ketika jumlah akhir faktur dikurangi,pengaruhnya terhadap transaksi jual beli adalah.....
a.       Jumlah piutang bertambah
b.      Jumlah piutang berkurang
c.       Jumlah utang bertambah
d.      Jumlah utang berkurang
e.       Jumlah utang menjadi lunas
38.penjualan dalam negeri(domestik) dan penjualan luar negeri(ekspor),merupakan ruang lingkup kegiatan penjualan berdasarkan
    Penjualan berdasarkan......
a.       Proses
b.      Luas wilayah
c.       Waktu pelaksanaan
d.      Besarnya usaha
e.       Asal produk
39.kegiatan persiapan (prapenjualan),kegiatan pelaksanaan penjualan,dan kegiatan layanan purnajual,    
     Merupakan ruang lingkup kegiatan penjualan berdasarkan......
a.       Proses
b.      Luas wilayah
c.       Waktu pelaksanaan
d.      Besarnya usaha
e.       Asal produk
40.E-commercemerupakan salah satu istilah populer dari.....
a.       Viral marketing
b.      Toko online
c.       Guerilla marketing
d.      Supplier
e.       Asal produk
41.pada pembelian melalui internet,salah satu pilihan pembayarannya adalah wire transfer,yaitu......
a.       Transfer rekening bank antarnegara secara elektronik
b.      Transfer rekening antarbank
c.       Pembayaran melalui kartu kredit
d.      Pembayaran dengan menggunakan akun paypal
e.       Pembayaran tunai
42.jual beli dianggap telah terjadi antara kedua belah pihak,setelah kedua belah pihak mencapai kata   
     Sepakat tentang barabg dan harga,meskipun barang itu belum diserahkan maupun harganya belum
      Dibayar.pernyataan tersebut merupakan isi KUHPer pasal.......
a.       1336
b.      1425
c.       1438
d.      1520
e.       1555
43.pihak yang hanya menjual barang merek tertentu saja dengan imbalan jasa berupa komisi,adalah...
a.       Tenaga penjual
b.      Grosir
c.       Distributor
d.      Pemasok
e.       Agen
44.salah satu unit dalam usaha yang terlibat dalam penjualan tunai eceran adalah........
a.       Personalia
b.      Pelanggan
c.       Pemasok
d.      Petugas keamanan
e.       Kasir
45.bukti transaksi yang digunakan untuk retur pembelian adalah........
a.       Faktur atau bukti penerimaan kas
b.      Bukti kas masuk
c.       Nota debet
d.      Nota kredit
e.       Bukti pengeluaran kas
46.berikut ini yang bukan merupakan transaksi usaha adalah.....
a.       Inventarisasi peralatan
b.      Pembelian peralatan
c.       Pembelian perlengkapan
d.      Pembelian barang
e.       Penjualan barang dagang
47.harta kekayaan perusahaan yang didayagunakan untuk melaksanakan kegiatan perusahaan secara 
     Efektif dan efisien,yaitu.....
a.       Manusia
b.      Material
c.       Metode
d.      Mesin
e.       Money(uang)
Untuk pertanyaan no.48 s.d 50,perhatikan format surat jalan berikut.
.............(A)................
..................................

                                                 SURAT JALAN
                                                    
.............(B)................                                                                ......................(C).....................

                                                                                                    ................................................ 

..........
     ......(D)........
     .......(E)........
   ..........(F)........












                                                  ........             

...........(G).............                                                                                              ...........(H)........




........(I)..................                  ......(I)..........                                                         ..........(K)........


............................                    ....................                                                          ....................
     
48.nomor surat jalan ditunjukkan pada poin......
a.       (A)
b.      (B)
c.       (C)
d.      (D)
e.       (F)
49.Nama dan alamat tujuan (pihak pembeli),ditunjukkan pada poin....
a.       (A)
b.      (B)
c.       (C)
d.      (D)
e.       (F)
50.Pihak yang bertugas mengirimkan barang pesanan kepada pembeli,ditunjukkan pada poin.....
a.       (G)
b.      (H)
c.       (I)
d.      (J)
e.       (K)




           
                                  JAWABAN 1-50

1.      C       11.E      21E.      31.E      41.C
2.      D       12.A     22.A      32.B      42.C
3.      C       13.D     23.E       33.C      43.E
4.      A       14.D     24.D      34.B      44.A
5.      A       15.A     25.E      35.A      45.C
6.      A       16. E     26.E      36.C      46.E
7.      A       17.E      27.E      37.B      47.E
8.      B       18.C      28.B      38.E      48.B
9.      A       19.C      29.D      39.D     49.C
10.  B       20.B      30.C      40.B     50. D






















B. ISIAN
1.administrasi secara luas didefinisikan oleh......
2.jenis surat perjanjian dari segi pengesahannya ialah......dan.....
3.meneliti jenis kopi yang paling disukai pria, dan model sepatu wanita yang paling banyak diminati saat ini,merupakan kegiatan.......
4.surat niaga yang dibuat oleh perusahaan/seseorang selaku pembeli kepada pihak penjual  yang berisikan pemesanan barang disebut....
5.bukti kas masuk adalah tanda bukti bahwa perusahaan telah menerima....
6.menurut pihak yang melakukan,transaksi dapat dibedakan menjadi......dan.....
7.bukti transaksi dapat dibedakan menjadi dua jenis,yaitu....dan.....
8.menurut sumbernya,transaksi dibedakan menjadi dua yaitu....dan....
9.orang/badan yang menyediakan produk barang bagi perusahaan adalah....
10.bukti transaksi biaya angkut pembelian berupa.......
C.ESAI
1.Jelaskan pengertian memo,bukti kas masuk,dan bukti kas keluar.
2.sebutkan macam-macam transaksi eksternal yang terjadi di perusahaan dagang.
3.jelaskan alur penjualan kredit.
4.sebutkan berkas-berkas administrasi transaksi.
5.gambarkan alur transaksi penjualan tunai(on cash).
6.jelaskan yang dimaksud dengan surat pesanan.
7.jelaskan perbedaan antara cek dan bilyet giro.
8.jelaskan tujuan SOP perusahaan .
9.jelaskan SOP penjualan tunai.
10.jelaskan perbedaan antara nota debet dan nota kredit.

      PEMASARAN BARANG DAN JASA

 Peranan Strategi dan Proses Pemasaran
       1 Proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi adalah pengertian dari...
A.proses pemasaran                              c. Manajemen pemasaran
b.Pemasaran                                         d. Strategi pemasaran

 2. Sektor yang penting dalam pendapatan masyarakat adalah...
a.Strategi pemasaran                            c. Manajemen pemasaran
b Pemasaran                                         d. Ekonomi

 3. Dalam proses pemasaran ada ... tahap.
a. 3                                                       c. 5
b. 4                                                       d. 6

 4. Yang termasuk ke dalam proses pemasaran yaitu...
a.Pemilihan sasaran pasar                    c. Merancang portofolio bisnis
b.Merancang strategi fungsional                       d. Menyelaraskan kegiatan pemasaran

5.  Mengembangkan rencana pemasaran, tahap proses pemasaran ke...
a.3                                                       c. 5
b. 4

 .  Tujuan perencanaan pemasaran dibagi menjadi...
a.       1                                                       c. 3
b.      2                                                       d. 4

 7. Pemasaran menyediakan falsafah sebagai pedoman yaitu...
a.       Proses pemasaran                              c. Tujuan pemasaran
b.      Konsep pemasaran                            d. Analisis pemasaran

 8.  Mendefinisikan visi dan misi perusahaan, masuk ke dalam...
a.       Langkah-langkah perencanaan strategis
b.      Tujuan perencanaan pemasaran
c.       Tahap-tahap proses pemasaran
d.      Analisis pemasaran

 9.  Strategi peningkatan posisi persaingan, tahap proses pemasaran ke...
a.       1                                                       c. 3
b.      2                                                       d. 4

 10.  Menentukan tujuan dan sasaran perusahaan, masuk ke dalam...
a. Analisis pemasaran
b.Tahap-tahap proses pemasaran
c.Tujuan perencanaan pemasaran
d.Langkah-langkah perencanaan strategis

 11.  Menjamin keselarasan antara bagian dalam mencapai tujuan, masuk ke dalam...
a.       Analisis pemasaran
b.      Tahap-tahap proses pemasaran
c.       Tujuan perencanaan pemasaran
d.      Langkah-langkah perencanaan pemasaran

 12.  Langkah-langkah perencanaan strategis dibagi menjadi...
A.1                                                       c. 3
b. 2                                                       d. 4

 13.  Menggunakan cara pemasaran secara intensif dan optimal, masuk ke dalam...
a. Analisis pemasaran
b.Tujuan perencanaan pemasaran
c.Tahap-tahap pemasaran
d.Langkah-langkah perencanaan pemasaran

 14.  Pengembangan program pemasaran, masuk ke dalam...
a.Proses strategi pemasaran
b.Tujuan perencanaan pemasaran
c. Langkah-langkah perencanaan pemasaran
d.Tahap-tahap pemasaran

 15.  Ada berapa cara macam proses strategi pemasaran...
a. 3                                                       c. 5
b. 4                                                       d. 6

Lingkungan Pemasaran
1.  Di dalam lingkungan demografis yang diamati pemasar adalah...
 a. Penjual                                              c. Pendapatan
 b. Populasi                                            d. Pesaing

2.  Mengidentifikasi gejala utama lingkungan dan teknologi perusahaan, merupakan ... lingkungan pemasaran.
 a. Ruang lingkup                                   c. Fungsi
 b. Ciri-ciri                                             d. Tujuan

3. Daya beli yang tersedia dalam ekonomi tergantung pada...
 a.       Penjual                                              c. Penghasilan
 b.      Barang                                              d. Agen

4. Suatu bagian yang fokus pada masalah perancangan produk yang aman dan bernilai adalah...
 a.Manajemen puncak                           c. Bagian departemen litbang
 b.Pemasok                                           d. Pesaing
5.  Suatu bagian yang bertanggungjawab menghasilkan produk dengan mutu dan jumlah yang..
 a.Bagian pembelian                             c. Agen
 b. Bagian accounting                             d. Bagian manufaktur

6.  Kekuatan masyarakat lebih luas yang mempengaruhi seluruh lingkungan mikro, merupakan pengertian dari...
 a. Lingkungan makro                            c. Perusahaan distribusi
 b. Lingkungan mikro                             d. Lingkungan ekonomi

7.  Salah satu ancaman yang berhubungan dengan lingkungan alam adalah...
 a Kelangkaan bahan mentah                c. Banyaknya campur tangan pemerintah
 b Sumber daya yang terbatas               d. Semua salah

8.  Yang termasuk ke dalam bagian perantara adalah...
 a.Departemen litbang                          c. Lingkungan teknologi
 b, Bagian manufaktur                           d. Perusahaan distribusi

9.   Yang termasuk lingkungan pemasaran adalah...
 a. Lingkungan ekonomi                        c. Lingkungan alam
 b. Lingkungan makro                            d. Bagian keuangan

10.  Suatu perusahaan pelaku dan kekuatan yang berbeda diluar fungsi manajemen pemasaran perusahaan untuk mengembangkan transaksi yang berhasil dengan para pelanggan sasarannya, pengertian dari...
a Lingkungan pemasaran                     c. Lingkungan masyarakat
b.Lingkungan sosial                             d. Lingkungan alam

11.   Ada berapakah faktor-faktor lingkungan mikro...
 a.  4                                                       c. 5
 b. 6                                                       d. 2

12.  Lingkungan pemasaran terbagi menjadi...
 a.  2 macam                                           c. 4 macam
 b. 3 macam                                           d. 5 macam

13.  Lingkungan mikro masuk ke dalam lingkungan...
 a.Pemasaran                                         c. Politik-Hukum
 b.Tekonologi                                        d. Ekonomi

14.  Perusahaan yang membantu perusahaan menemukan pelanggan dan melakukan penjualan kepada pelanggan, merupakan pengertian dari...
 a.  Pesaing                                              c. Agen
 b. Perusahaan distribusi                        d. Penjual

15.  Seseorang yang membina hubungan baik dengan orang lain khususnya produsen dalam bidang usaha, merupakan pengertian dari...
 a. Pemasok                                           c. Pelanggan
 b. Agen                                                 d. Pesaing

peranan strategi
1.  D                        6. C                  11. C
2. B                        7. B                  12. D
3. D                        8. A                 13. B
4. A                        9. C                  14. A
5.  C                        10. D               15. B
Lingkungan pemasaran
1.      B                        6. A                 11. B
2.      D                        7. A                 12. A
3.      C                        8. D                 13. A
4.      C                        9. B                  14. D
5.      D                        10. A               15. C

      PEMASARAN BARANG DAN JASA

 Peranan Strategi dan Proses Pemasaran
       1 Proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi adalah pengertian dari...
A.proses pemasaran                              c. Manajemen pemasaran
b.Pemasaran                                         d. Strategi pemasaran

 2. Sektor yang penting dalam pendapatan masyarakat adalah...
a.Strategi pemasaran                            c. Manajemen pemasaran
b Pemasaran                                         d. Ekonomi

 3. Dalam proses pemasaran ada ... tahap.
a. 3                                                       c. 5
b. 4                                                       d. 6

 4. Yang termasuk ke dalam proses pemasaran yaitu...
a.Pemilihan sasaran pasar                    c. Merancang portofolio bisnis
b.Merancang strategi fungsional                       d. Menyelaraskan kegiatan pemasaran

5.  Mengembangkan rencana pemasaran, tahap proses pemasaran ke...
a.3                                                       c. 5
b. 4

 .  Tujuan perencanaan pemasaran dibagi menjadi...
a.       1                                                       c. 3
b.      2                                                       d. 4

 7. Pemasaran menyediakan falsafah sebagai pedoman yaitu...
a.       Proses pemasaran                              c. Tujuan pemasaran
b.      Konsep pemasaran                            d. Analisis pemasaran

 8.  Mendefinisikan visi dan misi perusahaan, masuk ke dalam...
a.       Langkah-langkah perencanaan strategis
b.      Tujuan perencanaan pemasaran
c.       Tahap-tahap proses pemasaran
d.      Analisis pemasaran

 9.  Strategi peningkatan posisi persaingan, tahap proses pemasaran ke...
a.       1                                                       c. 3
b.      2                                                       d. 4

 10.  Menentukan tujuan dan sasaran perusahaan, masuk ke dalam...
a. Analisis pemasaran
b.Tahap-tahap proses pemasaran
c.Tujuan perencanaan pemasaran
d.Langkah-langkah perencanaan strategis

 11.  Menjamin keselarasan antara bagian dalam mencapai tujuan, masuk ke dalam...
a.       Analisis pemasaran
b.      Tahap-tahap proses pemasaran
c.       Tujuan perencanaan pemasaran
d.      Langkah-langkah perencanaan pemasaran

 12.  Langkah-langkah perencanaan strategis dibagi menjadi...
A.1                                                       c. 3
b. 2                                                       d. 4

 13.  Menggunakan cara pemasaran secara intensif dan optimal, masuk ke dalam...
a. Analisis pemasaran
b.Tujuan perencanaan pemasaran
c.Tahap-tahap pemasaran
d.Langkah-langkah perencanaan pemasaran

 14.  Pengembangan program pemasaran, masuk ke dalam...
a.Proses strategi pemasaran
b.Tujuan perencanaan pemasaran
c. Langkah-langkah perencanaan pemasaran
d.Tahap-tahap pemasaran

 15.  Ada berapa cara macam proses strategi pemasaran...
a. 3                                                       c. 5
b. 4                                                       d. 6

Lingkungan Pemasaran
1.  Di dalam lingkungan demografis yang diamati pemasar adalah...
 a. Penjual                                              c. Pendapatan
 b. Populasi                                            d. Pesaing

2.  Mengidentifikasi gejala utama lingkungan dan teknologi perusahaan, merupakan ... lingkungan pemasaran.
 a. Ruang lingkup                                   c. Fungsi
 b. Ciri-ciri                                             d. Tujuan

3. Daya beli yang tersedia dalam ekonomi tergantung pada...
 a.       Penjual                                              c. Penghasilan
 b.      Barang                                              d. Agen

4. Suatu bagian yang fokus pada masalah perancangan produk yang aman dan bernilai adalah...
 a.Manajemen puncak                           c. Bagian departemen litbang
 b.Pemasok                                           d. Pesaing
5.  Suatu bagian yang bertanggungjawab menghasilkan produk dengan mutu dan jumlah yang..
 a.Bagian pembelian                             c. Agen
 b. Bagian accounting                             d. Bagian manufaktur

6.  Kekuatan masyarakat lebih luas yang mempengaruhi seluruh lingkungan mikro, merupakan pengertian dari...
 a. Lingkungan makro                            c. Perusahaan distribusi
 b. Lingkungan mikro                             d. Lingkungan ekonomi

7.  Salah satu ancaman yang berhubungan dengan lingkungan alam adalah...
 a Kelangkaan bahan mentah                c. Banyaknya campur tangan pemerintah
 b Sumber daya yang terbatas               d. Semua salah

8.  Yang termasuk ke dalam bagian perantara adalah...
 a.Departemen litbang                          c. Lingkungan teknologi
 b, Bagian manufaktur                           d. Perusahaan distribusi

9.   Yang termasuk lingkungan pemasaran adalah...
 a. Lingkungan ekonomi                        c. Lingkungan alam
 b. Lingkungan makro                            d. Bagian keuangan

10.  Suatu perusahaan pelaku dan kekuatan yang berbeda diluar fungsi manajemen pemasaran perusahaan untuk mengembangkan transaksi yang berhasil dengan para pelanggan sasarannya, pengertian dari...
a Lingkungan pemasaran                     c. Lingkungan masyarakat
b.Lingkungan sosial                             d. Lingkungan alam

11.   Ada berapakah faktor-faktor lingkungan mikro...
 a.  4                                                       c. 5
 b. 6                                                       d. 2

12.  Lingkungan pemasaran terbagi menjadi...
 a.  2 macam                                           c. 4 macam
 b. 3 macam                                           d. 5 macam

13.  Lingkungan mikro masuk ke dalam lingkungan...
 a.Pemasaran                                         c. Politik-Hukum
 b.Tekonologi                                        d. Ekonomi

14.  Perusahaan yang membantu perusahaan menemukan pelanggan dan melakukan penjualan kepada pelanggan, merupakan pengertian dari...
 a.  Pesaing                                              c. Agen
 b. Perusahaan distribusi                        d. Penjual

15.  Seseorang yang membina hubungan baik dengan orang lain khususnya produsen dalam bidang usaha, merupakan pengertian dari...
 a. Pemasok                                           c. Pelanggan
 b. Agen                                                 d. Pesaing

peranan strategi
1.  D                        6. C                  11. C
2. B                        7. B                  12. D
3. D                        8. A                 13. B
4. A                        9. C                  14. A
5.  C                        10. D               15. B
Lingkungan pemasaran
1.      B                        6. A                 11. B
2.      D                        7. A                 12. A
3.      C                        8. D                 13. A
4.      C                        9. B                  14. D
5.      D                        10. A               15. C

Kompetensi Keahlian Pemasaran SMKN 1 Udanawu Blitar
HOME
KEGIATAN
LAIN-LAIN
Rabu, 23 Februari 2011
soal unas produktif pemasaran

PEMERINTAH KABUPATEN BLITAR
DINAS PENDIDIKAN DAERAH
SMK NEGERI 1 UDANAWU
Ds. Slemanan Kec. Udanawu Telp.(0342) 552030 Kode Pos 66154 Blitar
 

SOAL TRY OUT UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

 Hari, tanggal           : Sabtu, 12 Februari 2011
 Mata Diklat            : Produktif
 Program keahlian    : 3 (tiga)/Pemasaran
 Waktu                    : 120 Menit

1.      Dibawah ini adalah hal-hal yang kurang sopan saat berbicara ditelpon, kecuali…
         a.   berbicara dengan orang lain
         b.   berbicara sambil makan
         c.   bersuara berisik
d.   berbicara kurang baik atau kotor     
         e.   berbicara dengan jelas
2.      Tombol yang berfungsi untuk mengangkat telepon tanpa harus mengangkat handset adalah..
a.   FWD/DND
         b.   tombol auto aswer
         c.   tombol CO line
d.   tombol hold
         e.   tombol auto/ memori
3.      Jika nomor fax alamat yang telah dituju telah diprogram dalam mesin fax disebut :
a.   Keypad one touch key
         b.   Automatic one touch key
         c.   One touch key
d.   Tel mode touch key
         e.   Speed dial code
4.      Tombol – tombol yang terdapat pada mesin hitung saku adalah sebagai berikut, kecuali…..
a.   Tombol ON
         b.   Tombol OFF
         c.   Tombol M-
d.   Tombol MRC
         e.   Tombol =
5.      Tombol local pada mesin telex digunakan untuk…..
a.   Mengeluarkan pita
         b.   Mengeluarkan kertas
         c.   Mengetik angka-angka
d.   Menghidupkan/mematikan mesin
         e.   Merekam pesan
6.      Tombol pada mesin telex yang digunakan untuk mengetik angka-angka disebut…..
a.   Answer back           
         b.   Who are you
         c.   Punch on/off
d.   Figure shift
         e.   Step back
7.      Jenis mesin cash register yang banyak digunakan di Minimarket, toko dan ditempat yang menjual fast food, cafeteria, apotik dll adalah jenis mesin cash register…...
a.   Otomatis     
         b.   Manual
         c.   Scanner
d.   Auotomatic
         e.   Manual aotomatic
8.      Berikut ini yang bukan kunci pada mesin cash register adalah…..
a.   Kunci OP    
         b.   Kunci SM
         c.   Kunci SN
d.   Kunci MA
         e.   Kunci master
9.      Transaksi pembayaran yang dilakukan secara non tunai adalah dengan menggunakan …..
a.   Kartu transaksi        
         b.   Kartu debit
         c.   Kartu kredit
d.   Card ATM
         e.   Card reader
10.    Kartu yang dananya berasal dari pemilik kartu itu sendiri disebut …..
a.  
Kartu transaksi
         b.   Kartu debit
         c.   Kartu kredit
d.   Card ATM
         e.   Card reader
11.    Pemindahan barang yang dijual dari seorang penjual kedalam kekuasaan pembeli adalah …..
         a.   Pemindahan                                    
         b.   Pengangkutan
         c.   Pembelian
         d.   Penyerahan
         e.   penawaran
12.    Kemasan yang efektif harus mencakup
         a.   Harga jual                                                                                                    
         b.   Aspek keamanan
         c.   Kualitas       
         d.   manfaat
         e.   Aspek pemasaran
13.    Perhatian utama dalam penyerahan produk antara lain sebagai berikut, kecuali ……………
         a.   Kemana barang harus dibayar
         b.   Kemana barang harus dikirim
         c.   Diambil pembeli atau diantar pihak penjual
         d.   Siapa yang menanggu ongkos kirim
         e.   Kapan barng akan dikirim
14.    Bungkus kaleodoskopik sangat menarik para konsumen karena menerangkan hal-hal seperti dibawah ini, kecuali
         a.   Meningkatkan prestise
         b.   Unsur-unsur yang sangat penting dari produk itu
         c.   Kegunaan produk tersebut
         d.   Bagaimana cara memakainya
         e.   Akibat sampingan dari produk itu
15.    arti etika adalah……….
         a.   suatu kebiasaan sehari-hari                                            
         b.   perilaku yang menyimpang    
         c.   prinsip aturan perilaku
         d.   prinsip
         e.   norma-norma
16.    Dibawah ini adalah perilaku kinetic. Kecuali……
         a.   tampilan pakaian                                                           
         b.   tampilan wajah                    
         c.   tampilan mulut
         d.   tampilan kepala
         e.   tampilan bahu dan tangan
17.    Strategi menang kalah (Win Lose Strategi).yaitu….
         a.   meminta tanpa menekan  
         b.   memberi tanpa desakan
         c.   strategi untuk memperoleh kemenangan
         d.  kemenangan semua
         e.   keselamatan anggota
18.    Merk merupakan salah satu pemahaman yang diperlukan dalam pengetahuan…..
         a.   produk                                                                           
         b.   label                                     
         c.   kadaluarsa
         d.   layanan
         e.   jual beli
19.    Pengelompokan pasar yang didasarkan atas daerah /wilayah adalah……
         a.   demografis segmentasi                                                  
         b.   geofrafis segmentasi           
         c.   area segmentasi
         d.   wilayah segmentasi
         e.   daerah segmentasi
20.    Perundingan untuk mencapai suatu tujuan dan kesepakatan disebut…….
         a.   subkontrak                                                                    
         b.   waralaba                              
         c.   negosiasi
         d.   wirausaha
         e.   musyawarah
21.    Salah satu bentuk pelayanan prima berdasarkan konsep sikap adalah……
         a.   mendengarkan dan memahami secara sungguh – sungguh kebutuhan para pelanggan
         b.   mencatat setiap pesanan pembeli
         c.   melayani pelanggan dengan berfikiran positif, sehat dan logis
         d.   melayani pelanggan dengan cepat
         e.   mengamati dan menghargai perilaku pelanggan
22.    Salah satu cara agar penjual/karyawan dapat melakukan pelayanan yang baik adalah……
         a.   membuat kelompok – kelompok pegawai
         b.   memberikan hadiah bagi karyawan yang berprestasi
         c.   membiarkan karyawan bertindak sendiri – sendiri
         d.   mengkomunikasikan kepada semua karyawan tentang harga satu pelanggan bagi perusahaan
         e.   memperlakukan karyawan seperti raja
23.    Pelanggan dapat memesan barang/ jasa dengan menggunakan…….
         a.   surat perjanjian                                                              
         b.   surat pembelian                   
         c.   surat penawaran
         d.   surat penjualan
         e.   surat pesanan
24.    Pelayanan yang ramah adalah pelayanan yang……
         a.   menarik hati                                                                  
         b.   memuaskan pelanggan        
         c.   menjaga image perusahaan
         d.   sopan dengan tutur kata yang manis
         e.   meningkatkan omzet penjualan
25.    Berikut ini pelayanan prima berdasarkan tindakan, kecuali…..
         a.   pelayanan dengan mencatat kebutuhan pelanggan
         b.   menegaskan kembali kebutuhan pelanggan
         c.   mewujudkan kebutuhan pelanggan
         d.   pelayanan dengan sikap menghargai
         e.   pelayanan dengan mencatat pesanan pelanggan
26.    Konsep AIDA dalam penataan produk (display) merupakan ….
         a.   tujuan display
         b.   pengertian display
         c.   bagian display
         d.   metode display
         e.   standar display
27.    Segala sesuatu yang meliputi cara berpikir, kebiasaan atau kecenderungan psikologis konsumen yang mempengaruhi perilaku mereka saat berbelanja dan berada di dalam toko disebut dengan…
         a.   logika konsumen
         b.   kebiasaan konsumen
         c.   tingkah laku konsumen
         d.   cara belanja konsumen
         e.   tujuan  konsumen    
28.    Sekumpulan atribut fisik yang nyata(tangibel dan tidak nyata(intangibel) didalamnya sudah tercakup warna, harga,kemasan prestive pabrik, dan pelayananyang mungkin diterima konsumen sehingga konsumen merasa puas disebut ….
         a.   produk
         b.   produk inti
         c.   produk berwujud
         e.   produk tambahan
         e.   produk normal
29.    Departemen GMS (General Merchandising) merupakan gabungan dari....
         a.   food dan non food
         b.   food dan house hold
         c.   non food, house hold dan toys
         d.   non food, toys dan stationary
         e.   house hold, toys dan stationary
30.    Keterangan mengenai harga barang  yang diletakan pada List rak (Shelving) Gondola disebut …
         a.   bar code
         b.   price card    
         c.   price labelling
         d.   POP
         e.   SKU
31.    Sesorang yang tidak melakukan kewajibanya dalam suatu perjanjian bukan karena suatu keadaan memaksa disebut dengan ..
         a.   wan somasi
         b.   wan prestasi
         c.   somasi
         d.   resiko
         e.   schuld hoftung
32.    Pernyataan kesepakatan dalam perjanjian merupakan bagian .....
         a.   pembuka
         b.   isi
         c.   penutup
         d.   penjelasan
         e.   lampiran
33.    Pengesahan perjanjian jual beli dapat dilakukan dengan ......
         a.   menandatangani
         b.   memberi cap perusahaan
         c.   memberi materai
         d.   menandatangani dan memberi cap perusahaan
         e.   menandatangani dan memberi materai
34.    Metode pencatatan hutang pelanggan yang diselenggarakan untuk setiap debitur dengan menggunakan kartu utang disebut dengan .....
         a.   account payable procedure
         b.   voucher payable procedure
         c.   debt payable procedure
         d.   notes payable procedure
         e.   allowance payable procedure
35.    Catatan costumer yang menjadi rekanan yang menjadi rekanan atau pemakai jasa/produk perusahaan disebut dengan.....
         a.   daftar pelanggan
         b.   daftar piutang
         c.   daftar hutang
         d.   daftar bad debt
         e.   daftar keuangan
36.    Fungsi dari rekening kloran adalah….
         a.   memindah bukukan sejumlah uang dari rekening ke rekening penerima
         b.   sebagai bukti penerimaan
         c.   pemberitahuan yang dikirim suatu perusahaan
         d.   sebagai dasar penyesuaian pencatatan antara saldo kas menurut perusahaan dan saldo kas menurut bank
         e.   semua jawaban benar
37.    Apabila barang yang diterima pembeli ternyata sebagian rusak, atau tidak sesuai pesanan, maka pembeli menyampaikan sebuah nota pada penjual yang disebut….
         a.   nota penjual                                                                   
         b.   nota piutang                        
         c.   nota kas
         d.   nota debet
         e.   nota kredit
38.    Nama lain dari invoice adalah…..
         a.   faktur                                                                            
         b.   nota kontan                         
         c.   nota kredit
         d.   nota debet
         e.   memo
39.    Suatu transaksi mempunyai keabsahan formil apabila……
         a.   dilakukan atas perintah pimpinan
         b.   dilakukan dengan pembayaran tunai
         c.   mendapat otoritas dari bagian keuangan perusahaan
         d.   dilakukan melalui prosedur yang telah ditetapkan perusahaan
         e.   didukung dengan bukti transaksi
40.    Biasanya bukti transaksi pada lembar ke -2 atau copy dijadikan…..
         a.   sumber pencatatan                                                        
         b.   dokumen pencatatan           
         c.   sumber dan dokumen pencatatan
         d.   pedoman pencatatan
         e.   dasar pencatatan



















































Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRODUK NASA